Jan 172014
 

Acetogenins adalah anggota senyawa poliketida yang memiliki struktur C-34 atau C-37 rantai karbon tidak bercabang dan terikat pada gugus 2-propanol pada C-2 untuk membentuk suatu lakton.

Pengertian mudahnya, acetogenins adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP atau energi yang digunakan oleh sel kanker untuk berkembang biak.

Senyawa sitotoksik sendiri adalah senyawa yang dapat bersifat toksik maupun sebagai obat untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker dan sel tumor yang ada dalam tubuh.

Kemampuan sitotoksik diartikan sebagai kemampuan menghambat pengangkutan ATP di dalam sel kanker. Akibatnya, sel kanker tidak mendapat sumber energi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang biak sehingga akhirnya mati.

Acetogenins di alam memiliki lebih dari 350 senyawa turunan yang ditemukan pada keluarga annonaceae sehingga senyawa sitotoksik tersebut akrab disebut Annonaceous Acetogenins, sebanyak 82 di antaranya ada dalam pohon sirsak.

 Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Optionally add an image (JPEG only)

Translate »
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On Pinterest